Saturday, December 15, 2012

CARA MERAWAT/MEMBERSIHKAN AC SPLIT

Jenis AC yang banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga adalah AC Window dan AC split Dinding. Namun saat ini AC window jarang digunakan karena suara dan getaran yang ditimbulkan sangat bising. Berikut ini adalah Cara untuk melakukan perawatan terhadap AC Split.
Ada dua cara untuk melakukan perawatan AC yaitu menggunakan jasa tukang servis AC dengan membayar jasa tersebut atau dapat dilakukan sendiri yang sebetulnya juga tidak terlalu sulit.
AC Split memiliki 2 bagian utama yang terpisah (split) yaitu bagian Indoor dan bagian Outdoor

Perawatan Outdoor
Perawatan berkala terhadap Outdoor AC Split perlu dilakukan. Jadwalnya disesuaikan dengan kondisi lingkungan Outdoor AC tersebut berada. Perawatan dilakukan ketika kisi-kisi pendingin dari Outdoor AC tersebut sudah kotor sekali dan tertutup debu, sehingga menghalangi aliran udara yang digunakan untuk mendinginkan pipa freon. bisa dilihat pada gambar berikut
 
Gambar Outdoor AC Split
Cara merawat outdoor AC ini mudah sekali. Tahap pertama adalah matikan atau cabut sumber daya dari AC, lalu bersihkan debu yang menempel pada kisi-kisi pendingin Outdoor AC tersebut baik pada bagian belakang ataupun samping. Untuk membersihkannya dapat menggunakan air kran yang dihubungkan dengan selang, lalu semprot dari bagian belakang, samping ataupun depan sehingga semua debu rontok. Untuk debu yang bandel tidak mau rontok bisa digunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Sikat kisi-kisi mengikuti alur dengan perlahan hingga kisi-kisi tidak bengkok. Pembersih air bertekanan tinggi juga bisa digunakan. Namun tekanan terlalu tinggi bisa menyebabkan kisi-kisi bengkok dan hal ini dapat menghalangi sirkulasi udara Outdoor AC. Atur mata pembersih air bertekanan tinggi hingga bentuk semprotan airnya melebar dan tekanan semprotan air tidak terlalu tinggi.
Setelah bersih Tunggu hingga Outdoor AC kering. lalu hidupkan kembali AC. Selesai. Mudah bukan.

Perawatan Indoor
Untuk perawatan Indoor AC sedikit lebih rumit, namun tetap bisa dilakukan sendiri dengan peralatan sederhana. Tukang service AC biasanya menggunakan penyemprot air bertekanan tinggi khusus AC yang harganya cukup mahal dan kantung plastik khusus ac untuk penadah air lengkap dengan selang pembuangannya. Kantung Plastik ini dijual .di toko-toko servis AC dengan ukuran sesuai PK dari AC.
Namun kali akan dibahas cara dan penggunaan alat yang lebih sederhana.
Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah kuas, obeng plus, gayung air, lap mobil, sikat gigi bekas dan senter atau lampu emergency.
foto perkakas untuk  perawatan Indoor AC
Untuk  perawatan Indoor AC ada dua jenis yaitu perawatan ringan dan perawatan besar.
Perawatan ringan Indoor AC
Untuk  perawatan ringan Indoor AC tidak dibutuhkan perkakas apapun. Waktu untuk  perawatan ringan Indoor AC adalah jika dirasakan semburan angin dari inddor ac lemah. Matikan AC lalu buka cover filter udara bagian depan dari indoor AC. Buka cover dengan cara menarik cover pada bagian kiri dan kanan seperti tampak pada gambar berikut.
 

Ambil dua buah filter udaranya lalu bersihkan dengan menymprotkan air ke filter tersebut. Tunggu hingga kering, pasang lagi filter tersebut, lalu tutup covernya dan hidupkan kembali AC. Sangat mudah sekali bukan.

Perawatan besar Indoor AC
Perawatan besar Indoor AC dilakukan jika perawatan ringan telah dilakukan tapi hembusan angin dari indoor AC terasa masih lemah. Perawatan besar Indoor AC biasanya setelah beberapa kali perioda perawtan ringan indoor AC.

Tahap petama adalah matikan AC dan cabut kabel powernya. Singkirkan benda-benda di bawah Indoor AC agar tidak ketetesan air. 
Tahap berikutnya adalah lakukan tahapan perawatan ringan indoor AC hingga tahap membersihkan filter udara.
Tahap berikutnya adalah buka dudukan filter udara tersebut dengan melepas sekrup dengan menggunakan obeng plus. Posisi sekrup ada pada gambar berikut. Sekrup pada bagian bawah tertutup cover plastik. buka covernya baru buka sekrupnya.
 
Untuk membuka cover plastiknya dorong covernya dengan menggunakan ujung obeng. Setelah itu buka sekrupnya.
 
Setelah itu buka  dudukan filter udara dengan melepas terlebih dahulu board display AC. Maka Indoor AC akan terlihat seperti foto dibawah ini.
 
Bersihkan dudukan filter tersebut. Bersihkan juga kisi kisi pendingin dengan kuas atau sikat gigi. gunakan kuas kering terlebih dahulu. Selanjutnya kuas bisa dibahasi dengan air agar lebih bersih. bersihkan dengan perlahan agar kisi-kisi tersebut tidak bengkok.
Tahap selanjutnya adalah membuka flap vertikal dan bersihkan. Tahapan membuka flap vertikal dapat dilihat pada gambar berikut.

 
 Tahap Selanjutnya adalah membuka dua buah flap horizontal. Caranya dapat dilihat pada gambar berikut lalu bersihkan.
Tahap terakhir dan memakan waktu adalah membersihkan blower indoor AC. Gunakan kuas kering terlebih dahulu. Setelah itu basahi kuas agar lebih bersih.
 

Setelah semua bersih pasang kembali bagian-bagian indoor AC tersebut dengan urutan pemasangan kebalikan dari urutan pembongkaran tadi.
Pasang Kembali kabel power AC dan hidupkan kembali AC. Selesai. Tidak terlalu sulit bukan.

Model AC split pada tulisan ini adalah AC split merek TCL 1/2 pk. Namun pada umumnya untuk AC split type lain konstruksi dan cara bongkar-pasangnya mirp.

17 comments:

  1. belum punya ac sih..tapi its oke buat pengetahuan nanti kalau mau beli ...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Silahkan. Terimakasih telah berkunjung

      Delete
  3. sudah ana praktikan semua tetapi AC saya tetap tidak dingin gan !!
    gimana lagi solosinya ?

    ReplyDelete
  4. kalau tempat kursus di bandung dmana yah

    ReplyDelete
  5. terimakasih gan infonya,pengen nyoba abiznya dikerjain melulu sama tukang servis ac,setiap ngebersihin ada mulu kerusakannya,katanya tambah freon lah ,freon bocor,las ini-itu,dsb..... memang ga sedikit gan ulah nakal tukang ac,supaya mereka bisa dapet uang lebih,lebih dari cuma mencuci ac

    ReplyDelete
  6. terima kasih gan. siang tadi, ac di rumah ane bocor. dan tiap hari gak dingin, udah panggil tukang servis gak datang-datang. sekedar info di rumah ane pake merk dan type sharp ah-a5mey. malam ini udah ane coba sesuai arahan diatas(foto-fotonya sama). sekarang ac di rumah ane dingin lagi.
    sekali lagi terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  7. Mas untuk mencopot pipa pada outdoor apakah boleh/ bisa kita lakukan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan. Karena mencopot pipa outdoor berarti gas freon dan oli akan keluar dari pipa tersebut.

      Delete
  8. Bagaimana cara mencopot gabus penampung air itu ya? karena ada lendir2 yg berubah jadi gel membuat sumbatan di saluran buangan

    ReplyDelete
  9. Meskipun agak sulit tapi pada prinsipnya bisa dilakukan. Tempat penampungan air kondensasi AC tersebut terhubung ke selang pembuangan. Selang pembuangan tersebut biasanya dijepit dengan semacam kawat pegas yang terhubung ke tempat pembuangan air tersebut. Lepaskan penjepit selang dan selang tersebut. Jika ada sekrup yang menahan tempat penampungan air tersebut buka. Selanjutnya lepaskan tempat penampungan air tersebut (bukan cuma gabusnya tapi berikut wadah plastiknya).

    Jika kesulitan melepaskannya tidak usah dilepaskan cukup dibilas dengan air hingga lumut-lumut yang ada di dalamnya bersih. Lihat cara membilasnya di URL berikut http://desnantara.blogspot.com/2013/02/memperbaiki-ac-split-yang-bocor.html

    ReplyDelete
  10. gimana membersihkan kisi2 elemen indoor ac (bukan filter) yang sudah penuh debu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada tulisan ini sudah disebutkan yaitu :

      Bersihkan juga kisi kisi pendingin dengan kuas atau sikat gigi. gunakan kuas kering terlebih dahulu. Selanjutnya kuas bisa dibahasi dengan air agar lebih bersih. bersihkan dengan perlahan agar kisi-kisi tersebut tidak bengkok.

      Namun jika kisi2 tersebut sudah terlalu kotor dapat juga di semprot dengan air kran dengan menggunakan selang.
      Ada penyemprot air khusus untuk perawatan AC. Atau dapat juga menggunakan penyemprot air untuk cuci mobil namun berkas semprotan air dibuat selebar mungkin agar tekanan tidak terlalu tinggi hingga dapat membengkokkan kisi2 tersebut.
      Namun jika anda tidak memiliki peralatan tersebut cukup dengan air kren dan selang saja.

      Di toko perawatan AC dijual plastik besar dilengkapi selang untuk menampung air yang disemprotkan ke kisi2 tadi agar air tidak berceceran kemana-mana. Jika tidak ada yah ditampung saja dibawah indor unit dengan menggunakan bak persegi.

      Sebelum menyemprot kisi2 tersebut dengan air cabut kabel power AC. Sngkirkan barang -barang diskitar bawah AC agar tidak terkena tumpahan air. Tutupi bagian-bagian board listrik pada indor AC tersebut dengan plastik agar tidak ikut tersemprot air.

      Silahkan mencoba.

      Delete
    2. terima kasih atas informasinya gan sangat membantu saya, boleh tanya lagi gak? Sewaktu ac saya pindah sendiri hingga mengakibatkan freonnya bocor (kata teknisi) karena melepas pipa dari outdoor pada saat kompresor mati (tapi posisi kran sudah di kunci lebih dulu), sehingga freonnya harus diisi full kembali, kalau di Manado pengisian full sekitar 150rb, sejak saat itu kipas outdoor tidak mengeluarkan uap panas layaknya normal (hanya mengeluarkan udara biasa seperti kipas angin) tapi indoornya dingin spt biasa, apakah hal tsb normal2 saja?

      Delete
  11. alhamdulillah sangat membantu saya dalam penggantian sensor ac dengan membuka cover ac nya terlebih dahulu

    ReplyDelete