Tuesday, February 5, 2013

MEMPERBAIKI AC SPLIT YANG BOCOR


AC / pendingin udara sudah menjadi kebutuhan umum di daerah-daerah yang berudara panas. Dengan adanya AC maka suasana menjadi sejuk dan nyaman. Namun agar AC dapat tetap beroperasi optimal perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap AC tersebut. Untuk cara perawatan dan pemeliharaan AC dapat di baca disini.

Meskipun telah dirawat kadang-kadang AC juga mengalami problem sehingga tidak dingin. Untuk cara memperbaiki AC yang tidak dingin bisa di baca disini.

Terkadang AC juga mengalami masalah lain. Sebagai contoh AC bekerja dengan baik dan temperatur juga dingin, namun terdapat masalah yaitu keluar tetesan air dari unit indoor AC. Tetesan air ini cukup mengganggu. Selain membuat lantai di bawahnya menjadi basah, juga dapat menimbulkan kerusakan jika menimpa barang-barang di bawahnya, terutama barang elektronik.

Problem tetesan air pada unit indoor AC ini biasanya terjadi karena saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Penyebab lain adalah karena terjadi pengembunan pada ducting saluran AC.

Kali ini hanya akan dibahas problem air menetes pada AC split tanpa ducting saja. Seperti disebutkan terdahulu penyebabnya adalah  karena saluran pembuangan air kondensasi tersumbat.

Untuk mengatasi masalah ini mudah saja yaitu cukup saluran pembuangan air kondensasi tersebut dibersihkan.

Berikut tahapannya.
1. Matikan AC dan cabut sumber listriknya.
2.Singkirkan benda-benda di bawah unit indoor AC agar leluasa dan tidak terkena tetesan air.
3. Tahap berikutnya adalah buka dudukan filter udara  dengan melepas sekrup dengan menggunakan obeng plus. Posisi sekrup ada pada gambar berikut. Sekrup pada bagian bawah tertutup cover plastik. buka covernya baru buka sekrupnya.
 
Untuk membuka cover plastiknya dorong  covernya dengan menggunakan ujung obeng. Setelah itu buka sekrupnya.
 
Setelah itu buka  dudukan filter udara dengan melepas terlebih dahulu board display AC. Maka Indoor AC akan terlihat seperti foto dibawah ini.
 
4. Bersihkan bagian penampungan air kondensasi

5. Bersihkan lubang saluran air pada bagian ujung penampungan air kondensasi. Tusuk dengan kawat panjang atau lidi jika lubang tersebut tersumbat.

6. Tuang air ke penampungan air kondensasi bagian kiri perlahan-lahan. Tujuannya adalah untuk menggelontorkan sisa-sisa kotoran dan juga untuk test apakah saluran pembuangan air sudah tidak tersumbat dan air sudah tidak menetes lagi.
7. Ulangi step 5 dan 6 sampai dipastikan saluran pembuangan air sudah tidak tersumbat dan air sudah tidak menetes lagi.
8. Jika step 7 selesai, pasang kembali bagian-bagian AC yang dilepas lalu operasikan AC.


Mudah bukan. 

Selamat mencoba.


3 comments:

  1. terimakasihatas masukan yang sangat bermanfaat salam kenal daro kami
    http://serviceac-surabaya-ok.blogspot.com/

    ReplyDelete